Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium adalah mineral yang paling berlimpah dalam tubuh. Hal ini penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat; kira-kira 99% dari kalsium dalam tubuh disimpan di dua tempat tersebut. Kalsium juga membantu jantung, saraf, otot, dan sistem tubuh lainnya bekerja dengan baik. Untuk berfungsi dengan benar, kalsium harus disertai oleh beberapa nutrisi lain termasuk magnesium, fosfor, dan vitamin A, C, D, dan K.

Sumber kalsium terbaik adalah makanan (lihat Sumber diet), tapi suplemen mungkin diperlukan bagi mereka yang tidak dapat memenuhi kalsium kebutuhan mereka melalui diet saja. Bahkan, menurut National Institutes of Health, banyak orang Amerika mengkonsumsi kurang dari setengah jumlah kalsium yang direkomendasikan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang.

Berat penggunaan kafein dapat mengurangi kadar kalsium; Oleh karena itu, jumlah yang lebih tinggi kalsium mungkin diperlukan jika Anda minum banyak kopi. Juga, diet tinggi protein dapat meningkatkan kehilangan kalsium melalui urine. Asupan berlebihan natrium, fosfat (dari minuman bersoda) dan alkohol, serta penggunaan antasid yang mengandung aluminium juga berkontribusi terhadap peningkatan ekskresi kalsium.

kekurangan kalsium dapat ditemukan pada orang dengan masalah malabsorpsi, seperti penyakit Crohn, penyakit celiac, dan reseksi usus bedah. istirahat berkepanjangan menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang dan orang tua kurang mampu menyerap kalsium.

Gejala kekurangan kalsium meliputi kejang otot atau kram, biasanya di tangan atau kaki; rambut rontok (alopecia); kulit kering dan kuku yang juga bisa menjadi cacat; mati rasa, kesemutan, atau sensasi terbakar di sekitar mulut dan jari-jari; mual dan muntah; sakit kepala; infeksi ragi (candidiasis); kegelisahan; kejang / kejang; dan gigi yang buruk dan perkembangan tulang.

Osteoporosis

Sebuah pasokan tidak memadai kalsium selama seumur hidup diperkirakan memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan osteoporosis. Kalsium diperlukan untuk membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kalsium, terutama dalam kombinasi dengan vitamin D, dapat membantu mencegah kehilangan tulang yang terkait dengan menopause, serta kehilangan tulang yang dialami pria lanjut usia. Jika jumlah kalsium tidak sedang diperoleh melalui diet, suplemen kalsium yang diperlukan.

Sindrom pramenstruasi (PMS)

kadar kalsium sering mengukur lebih rendah minggu sebelum seseorang periode menstruasi dibandingkan dengan minggu setelah. Studi menunjukkan bahwa suplementasi kalsium membantu meringankan suasana hati, mengidam makanan, rasa sakit atau nyeri, dan kembung yang terkait dengan sindrom pramenstruasi.

Kolesterol Tinggi

Studi awal pada hewan dan manusia menyarankan bahwa suplemen kalsium, dalam kisaran 1.500 sampai 2.000 mg per hari, dapat membantu menurunkan kolesterol. Informasi yang tersedia sejauh ini menunjukkan bahwa menjaga kadar kolesterol normal atau bahkan rendah dengan menggunakan suplemen kalsium (bersama dengan banyak langkah-langkah lainnya seperti mengubah diet dan berolahraga) cenderung lebih menguntungkan daripada mencoba untuk mengobatinya dengan menambah kalsium ketika Anda sudah memiliki kolesterol tinggi. Penelitian lainnya di area ini dibutuhkan.

Pukulan

Dalam sebuah studi populasi berdasarkan (satu di mana kelompok besar orang diikuti dari waktu ke waktu), perempuan yang mengambil lebih banyak kalsium, baik melalui diet dan dengan suplemen tambahan, kurang mungkin untuk mengalami stroke selama waktu selama 14 tahun. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya menilai kekuatan hubungan antara kalsium dan risiko stroke.

Kanker usus besar

Meskipun beberapa studi yang saling bertentangan, pemasangan bukti menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi kalsium, vitamin D, dan susu dalam diet mereka secara signifikan lebih mungkin mengembangkan kanker kolorektal dibandingkan mereka yang mengkonsumsi jumlah yang rendah dari zat yang sama. Meskipun yang terbaik adalah untuk mendapatkan kalsium dari diet, jumlah yang disarankan untuk pencegahan dan pengobatan kanker kolorektal (yaitu, 800 IU / hari vitamin D dan 1.800 mg / hari kalsium) kemungkinan besar akan membutuhkan suplementasi.

Kegemukan

Kedua hewan dan manusia telah menemukan bahwa asupan kalsium (dari produk susu rendah lemak) dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan. Efek ini tidak bisa serta merta dikaitkan dengan kalsium saja karena sumber susu kalsium mengandung nutrisi lain (termasuk magnesium dan potassium) yang mungkin terlibat dalam penurunan berat badan. Sebuah review dari semua penelitian pada tahun 2000 itu menyimpulkan, bagaimanapun, bahwa suplementasi 1.000 mg kalsium dapat memfasilitasi sebanyak 8 kilogram (17,6 pon) dari berat badan dan 5 kilogram (11 pon) kehilangan lemak.

Comments are closed.